SUKA JADI BERITA, EDISI 03 / 21-22 JANUARI 2017

HARI PEKAN DOA SEDUNIA       download

             Gereja Katolik menetapkan tanggal 18 – 25 Januari 2017 menjadi Pekan Doa      Sedunia. Pekan Doa Sedunia tahun ini memiliki dua tema. Pertama, ajakan pada Gereja-Gereja Kristen untuk berdoa dan berjuang bersama demi persatuan umat kristiani. Kedua, ajakan untuk bersatu menghadapi dan mengatasi penderitaan umat manusia. Dua tanggung jawab ini sangat erat berhubungan satu sama lain. Keduanya berhubungan dengan penyembuhan Tubuh Kristus (Gereja/umat) yang “sakit” karena perpecahan dan penderitaan oleh berbagai sebab.

Oleh sebab itu teks yang dipilih dalam rangka Pekan Doa Sedunia 2017 adalah Injil Markus 7:31-37, tentang penyembuhan yang dilakukan oleh Yesus: Ia menjadikan yang tuli mendengar, yang bisu berkata-kata (ay.37). Tema Persatuan dan Keprihatinan yang sama untuk menanggapi penderitaan sesama adalah cara Gereja untuk mengajak seluruh umat untuk bergerak bersama melalui usaha berdoa demi persatuan di antara umat Kristiani dan berinisiatif untuk menjawab kekurangan dan penderitaan umat manusia.

Roh yang sama menjadikan kita saudara dan saudari dalam Kristus dan menguatkan kita untuk menyentuh kebutuhan sesama manusia yang berkekurangan.Gereja memahami bahwa setiap upaya mengurangi penderitaan akan menampakkan   persatuan di antara kita, dan setiap langkah persatuan akan menyembuhkan dan menguatkan seluruh Tubuh Krsitus.

Melalui Hari Pekan Doa Sedunia, kita diajak untuk menengadah ke atas, sekaligus mengulurkan tangan pada sesama. Doa adalah mendengar kehendak Tuhan. Pertolongan, belas kasih pada sesama yang menderita adalah cara kita memperdengarkan Tuhan     dalam hidup yang nyata setelah kita mendengar Tuhan. Tugas orang beriman adalah mendegar Tuhan dan memperdengarkan Tuhan. Dalam Injil Markus 7:31-37, ketika Yesus melakukan penyembuhan, Yesus menengadah ke langit, dan meletakkan tangannya atas si sakit. Yesus mengarahkan hati dan pikiran pada Bapa dan mengulurkan tangan pada sesama yang menderita.

pst-sangker

          

  Pst. Sangker Sihotang, OSC

 

Advertisements

Author: SUKAJADI BERITA

Media Informasi Mingguan Paroki St. Laurentius Bandung, jln. Sukajadi no 223 bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s