esjebe edisi 24-25 des 2016

Mengapa Palungan menjadi sentral perayaan Natal?     Download

Malam Natal adalah pintu pembuka kita merayakan pesta iman dalam masa raya yang paling meriah bagi setiap umat Katolik. Saat itu kita merayakan menjelang dan esokya adalah hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus sebagai Juru Selamat dunia. Meski demikian secara langsung hari dan tanggal tepatnya di dalam Alkitab tidak pernah disebutkan. Namun kita sebagai orang Katolik meyakini berdasarkan ajaran, tradisi dan keyakinan-keyakinan Bapa Gereja. Yang paling menarik dalam malam Natal dan Natal adalah fokus kita pada sudut Palungan Natal.
Palungan Natal adalah lambang luhur dari kesederhanaan, kesunyian, ketiadaan bahkan pengorbanan. Sebuah permenungan luar biasa Natal yang selalu membawa misi makna hidup sepanjang hidup manusia. Apalagi saat ini bangsa kita sedang digoyang dengan sebuah tragedi intoleransi, riak-riak gelora kebersamaan bagai tsunami dan relasi makin kurang kondusif dalam hidup ketakwaaannya.
Renungan Palungan Natal sepertinya menjadi topik yang harus dimunculkan kembali karena kehadiran Yesus kurang dimaknai mendalam. Tidak semua merasakan sukacita seperti kita sungguh menghayati bahwa Sang Juru Selamat itu lahir untuk kehidupan kedamaian kita. Malam Natal yang sakral oleh sebagian orang justru diusik dengan suatu peristiwa mengkhawatirkan. Sayangnya juga bahwa tidak sedikit di antara kita kurang menempatkannya sebagai peristiwa yang mendatangkan sukacita. Memang dirayakan tetapi sepertinya hanya dirayakan sebagai kegembiraan sesaat. Perselisihan, kebencian dan permusuhan masih muncul hanya karena mempersoalkan tidakrapihnya susunan acara, kurang berkesan bahkan “garingnya” perayaan dll nya. Sungguh-sungguh menyedihkan.
Semoga perayaan Natal tetapi mampu menemukan kembali Palungan Natal yang hilang selama ini. Lakukan pembaruan yang akan membuat semua orang benar-benar merasakan kehadiran Yesus didalam kehidupan kita. Percayalah Natal bukan soal kemeriahan, makanan, kemewahan dan decak kagum orang, melainkan bagaimana kehadiran Yesus mengerjakan sebuah perubahan penting didalam hati setiap orang. Selamat merayakan Natal dan sebentar beberapa hari kita menyambut tahun yang baru. Tuhan Yesus memberkati..
.pst-tono-osc
       Pst. S. Budi Saptono,OSC
Advertisements

Author: SUKAJADI BERITA

Media Informasi Mingguan Paroki St. Laurentius Bandung, jln. Sukajadi no 223 bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s